Monthly Archives: April 2014

Visi dan Misi

Struktur DKP PML 1.   Visi

Untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pemalang harus mampu mempunyai visi yang dapat menggambarkan masa depan yang diinginkan.

Tahapan sebagaimana tersebut diatas, dimulai dengan adanya perumusan visi yang jelas. Visi adalah cara pandang jauh ke depan, kemana instansi pemerintah harus dibawa agar eksis, antisipatif dan inovatif. Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan instansi pemerintah. Visi tersebut harus mampu :

  • Menarik, komitmen dan menggerakan orang;
  • Menciptakan makna bagi kehidupan anggota organisasi;
  • Menjembatani keadaan sekarang dan keadaan masa depan

Bahwa visi SKPD juga harus dapat menjabarkan dan besinergi dengan visi dan misi Bupati terpilih sesuai yang tercantum dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pemalang Tahun 2011 – 2016 yaitu “Kabupaten Pemalang yang Sehat, Cerdas, Berdaya Saing dan Berakhlak Mulia “

Dengan salah satu misi yang menjadikan rujukan adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui pelayanan prima, peningkatan investasi dan daya saing daerah.

Berdasarkan hal – hal tersebut diatas, maka Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pemalang menetapkan visi sebagai berikut : “ Terwujudnya Sumber Daya Kelautan dan Perikanan yang Berdaya Saing dan Berkelanjutan “.

Makna Visi tersebut bahwa produk hasil kelautan dan perikanan mempunyai daya saing di pasaran baik regional maupun internasional, yang berkelanjutan bagi kelangsungan usaha di bidang kelautan dan perikanan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

2.   Misi

Untuk mewujudkan visi Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pemalang sebagaimana dimaksud diatas, haruslah ditetapkan suatu misi, yaitu sasaran yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu melalui penerapan strategi yang dipilih. Misi merupakan pernyataan yang menetapkan tujuan suatu instansi pemerintah. Misi adalah tujuan utama kearah mana perencanaan dan program suatu instansi pemerintah yang ingin dicapai.

Sedangkan Misi yang ditetapkan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pemalang adalah :

  1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi perikanan melalui budidaya dan penangkapan yang ramah lingkungan.
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas produk olahan hasil perikanan dan kelautan melalui diversifikasi produk dan penerapan manajemen mutu terpadu.
  3. Menjaga ekosistem, lingkungan dan sumberdaya perikanan dan kelautan sehingga dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.
  4. Meningkatkan kesejahteraan nelayan, pembudidaya ikan, pengolah ikan dan stakeholders lainnya.

Guna untuk mewujudkan misi tersebut, maka diperlukan adanya suatu tindakan-tindakan dan bentuk perencanaan pembangunan yang perlu dijabarkan dalam program dan kegiatan sebagai wujud pelaksanaan konsep-konsep yang tertuang dalam visi dan misi.

Karakteristik Potensi Perikanan Dilihat Dari Letak Geografis

Peta Kab PML

Kabupaten Pemalang berdasarkan letak geografisnya terletak diantara 8052’30”- 7020’11”, Lintang Selatan dan 109017’30” – 109040’30” Bujur Timur, Kabupaten Pemalang memiliki luas wilayah 111.530 ha dimana meliputi tanah sawah seluas 38.694 ha dan tanah kering seluas 72.836 ha. Luas wilayah Kabupaten Pemalang ditandai dengan batas – batas sebagai berikut :

Sebelah Utara            : Laut Jawa.

Sebelah Selatan        : Kabupaten Purbalingga

Sebelah Barat            : Kabupaten Tegal

Sebelah Timur           : Kabupaten Pekalongan

Panjang garis pantai yang dimiliki Kabupaten   Pemalang     diperkirakan + 35 Km, yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa, sedangkan wilayah Kecamatan yang merupakan daerah pesisir pantai atau berbatasan langsung dengan Laut Jawa ada 4 ( empat ) Kecamatan pesisir yang terdiri dari 2 ( dua ) Kelurahan dan 14 ( empat belas ) desa Nelayan

 

Kecamatan Pemalang

Kel. Sugihwaras, Kel.
Widuri,Ds.Lawangrejo dan Ds. Danasari.

Kecamatan Taman

Ds. Asemdoyong

Kecamatan Petarukan   

Ds.Nyamplungsari,  Ds. Klareyan     Ds.Kendalrejo.

Kecamatan
Ulujami

Ds.Pesantren, Ds.Mojo, Ds Limbangan, Ds.Ketapang, Ds.Blendung,Ds. Kertosari,
Ds. Kaliprahu dan Ds. Tasikrejo.